Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) ini memiliki peran yang sangat penting dan sangat krusial dalam struktur perekonomian di indonesia pada saat ini. kegiatan UMKM ini sangat memberi efek yang sangat berpengaruh yaitu membantu memajukan perkembangan usaha usaha kecil ataupun menengah dalam hal berdagang.
Untuk mendukung percepatan perkembangan Desa wisata Cinunuk pemerintah kecamatan wanaraja bekerjasama dengan Institut Teknologi Gatut menerjunkan Mahasiswa dan Mahasiswi KKN dengan tema pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan perekonomian desa. Ada beberapa kegiatan, salah satu dari beberapa kegiatan yang menjadi program kerja KKN di Desa Cinunuk ini adalah melakukan survei serta mencari potensi dan kendala pengembangan UMKM di desa Cinunuk.
Kami dari kelompok 5 KKN Institut Teknologi Garut melakukan observasi terhadap pelaku UMKM desa Cinunuk meliputi RW 05- RW 08. selama observasi kami menemukan beberapa pelaku UMKM. Produk UMKM
Pembangunan nasional yang mencakup seluruh aspek kehidupan bangsa diselenggarakan bersama oleh masyarakat dan pemerintah. Masyarakat menjadi pelaku utama pembangunan, dan pemerintah berkewajiban mengarahkan, membimbing, melindungi serta menumbuhkan suasana dan iklim yang menunjang. Salah satu di antara tujuan nasional sebagaimana tercantum dalam pembukaan undang-undang dasar 1945 adalah memajukan kesejahteraan umum.

Berikut gambar diatas merupakan salah satu dari hasil observasi mengenai pelaku UMKM. UMKM ini berada di RW 08 Desa Cinunuk. Beliau belum mempunyai modal dalam kegiatannya UMKM nya. Usahanya sendiri ounbisa dimasuk kategorikan usahan kelas kecil, ebliau tidak mempunyai pelanggan tetap serta variasi dalam produknya juga sangat sedikit. program kami dari kelompok 5 KKN Institut Teknologi Garut diharapkan salah satu produk UMKM yang ada di RW 08 Desa Cinunuk ini berkembang dan semakin maju.
Dorongan untuk menjadi wirausahawan desa (Entrepreneurs) akan menjadi upaya menumbuh kembangkan UMKM di tengah persaingan yang semakin ketat. Indonesia sebagai Negara ASEAN harus mengembangkan perekonomian secara merata melalui potret pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) pedesaan menjadi pondasi utama meningkatkan peluang kerja serta pendapatan untuk seluruh lapisan masyarakat pedesaan.

Untuk usaha UMKM diatas ini beliau memproduksi lontong, bacang dan leupeut. Usaha UMKM ini bisa masuk kedalam kategori menengah. Beliau sudah menekuni usaha UMKM ini selama kurang lebih 20 tahun. Selama kurun waktu tersebut allhamdullillah beliau mengatakan selama penjualan produk beliau memperoleh untung yang cukup besar. Beliau mengatakan omset penjualannya naik drastis saat pandemi covid 19, namun saat pandemi selesai omsetnya kembali menurun. Kami dari KKN Kelompok 5 Institut Teknologi Garut memiliki sebuah program yaitu dengan mempromosikan hasil produk UMKM beliau melalui berbagai media sosial. diharapkan dengan adanya program dari Kelompok 5 ini omset dari UMKM beliau mengalami kenaikan.
Kondisi Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)
Di banyak negara di dunia, pembangunan dan pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu motor penggerak pertumbuhan ekonomi. Dari penelitian Tambunan (2003) disebutkan bahwa salah satu karakteristik dari dinamika dan kinerja ekonomi yang baik dengan laju pertumbuhan yang tinggi di negara-negara Asia Timur dan Tenggara yang dikenal dengan Newly Industrializing Countires (NICs) seperti Korea Selatan, Singapura, dan Taiwan adalah kinerja UMKM mereka yang sangat efisien, produktif dan memiliki tingkat daya saing yang tinggi.

Di Indonesia, dilihat dari jumlah unit usahanya yang sangat banyak yang terdapat di semua sektor ekonomi dan kontribusinya yang besar terhadap kesempatan kerja dan pendapatan, khususnya di daerah perdesaan dan bagi keluarga berpendapatan rendah, tidak dapat diingkari betapa pentingnya UMKM bagi pembangunan ekonomi nasional maupun internasional. Selain itu, selama ini kelompok usaha tersebut juga berperan sebagai suatu motor penggerak yang sangat krusial bagi pembangunan ekonomi dan komunitas lokal.

Rekomendasi Strategi Pengembangan UMKM di Pedesaan
Pembangunan masyarakat pedesaan diarahkan pada program dan kegiatan pembangunan pedesaan secara menyeluruh menyangkut bidang ekonomi, berikut beberapa pilihan strategi yang dilakukan dalam pemberdayaan UMKM, yaitu:
- Kemudahan dalam Akses Permodalan
- Pengembangan Sumber Daya Manusia
- Pengembangan Jaringan Usaha, Pemasaran dan Kemitraan Usaha
Maka dapat disimpulkan bahwa Usaha Mikro, kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peranan penting dalam perkeonomian lokal daerah, khususnya dalam menggerakkan aktivitas ekonomi regional dan penyediaan lapangan kerja. Dalam rangka implementasi, perencanaan, pemberdayaan, dan pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), maka diperlukan berbagai kebijakan yang bersifat membangun terhadap perekonomian di Indonesia dengan menciptakan wirausahawan desa di wilayah pedesaan khususnya desa cinunuk yang UMKM nya lumayan banyak serta memiliki potensi yang sangat besar Pemasaran dan Kemitraan Usaha serta perbaikan iklim ekonomi yang lebih baik untuk mendukung eksistensi masyarakat menghadapi persaingan ekonomi di tengah pasar global
#InstitutTeknologiGarut #KKNTematik2022 #ITG